Pemandangan 5 Gunung dari Ketep Pass di Magelang

Cetak Objek wisata Ketep Pass terletak di Kabupaten Malang, Jawa Tengah. Di ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut, Ketep Pass menawarkan pemandangan cantik Gn Merapi dan Gn Merbabu di kejauhan — terutama saat cuaca cerah.



Pemandangan dari atas Ketep Pass. (Olenka Priyadarsani)


Selain itu, Anda juga dapat memanjakan mata dengan melihat tiga gunung lainnya, yaitu Sindoro, Sumbing, dan Slamet. Bila pemandangan lima gunung belum cukup, Anda masih akan dapat melihat beberapa bukit, yaitu Bukit Tidar, Andong, Menoreh, dan Telomoyo.

Di samping itu, hamparan lahan pertanian yang mengelilingi lokasi wisata ini pun juga indah dipandang. Di mana-mana hijau terlihat. Sayang, terkadang kabut pekat menyelimuti sehingga pemandangan pun terhalang (seperti saat saya terakhir pergi ke sana).

Di Ketep Pass terdapat sebuah museum vulkanologi. Di dalam museum ini terdapat miniatur Gn Merapi lengkap dengan contoh batu-batuan yang keluar perutnya. Pengelola juga memutarkan film dokumenter tentang aktivitas Gn Merapi, yang menceritakan tentang asal-usul, jalur-jalur pendakian, serta beberapa letusan Gunung Merapi.



Banyak penjual makanan dan minuman ringan di sini. (Olenka Priyadarsani)

Untuk melihat lima gunung lebih jelas, ada dua teropong yang tersedia, yaitu di gardu pandang dan di puncak Panca Arga — lokasi tertinggi (yang artinya lima gunung, karena dari sini wisatawan dapat melihat lima gunung sekaligus).

Objek wisata yang diresmikan pada tahun 2002 ini berjarak sekitar 30 km dari Kota Magelang dan 35 km dari Boyolali. Lokasi ini juga hanya berjarak sekitar 30 km dari Borobudur.



Dari sini Anda dapat melihat pemandangan sekitar Ketep Pass. (Olenka Priyadarsani)

Akses jalan baik dari Magelang maupun Boyolali dapat dilalui dengan kendaraan besar. Walaupun berkelok-kelok, kondisi jalanan cukup mulus. Lalu lintas menuju Ketep cukup ramai terutama pada saat liburan ataupun akhir pekan.

Bagi Anda yang gemar bertualang, Ketep juga sangat mudah dijangkau dari Yogyakarta dengan sepeda motor, karena jaraknya hanya 43 km. Anda dapat sekaligus berkunjung ke Borobudur, Candi Mendut, serta Kopeng.

Kapan lagi Anda dapat menyaksikan lima gunung sekaligus dari satu tempat?

Oleh Olenka Priyadarsani | Yahoo! News

Kunjungi juga blog perjalanan Olenka di www.backpackology.me

Related Post