10 Teknologi Terkini Yang Dapat Merubah Dunia






Kita telah melihat lompatan besar teknologi dalam kurun waktu 5 tahun ini. Smartphone, komputasi awan dan tablet multi sentuh merupakan inovasi yang telah merubah gaya hidup. Bagaimanapun percaya atau tidak, itu baru permulaan. Di masa depan kita dapat saja hidup seperti apa yang terlihat di filem fiksi ilmiah saat ini.

Mengapa begitu? Karena saat ini tengah dikembangkan beberapa teknologi yang siap untuk memasuki pasar. Sejak kontrol dilakukan tidak dengan perangkat nyata melainkan hanya dengan gerakan tangan seperti yang ada pada game ‘Ninja Fruit’, tampaknya kita tengah siap memasuki dan berinteraksi dengan dunia virtual. Berikut ini teknologi yang akan terkuak

1. Google Glass
Augmented Reality telah lama ada dalam beberapa bentuk, simulasi atau aplikasi pendidikan, namun Google melangkah lebih jauh dengan Google Glass. Secara teoritis, dengan Google Glass kita dapat melihat suguhan sosial media, teks, Google Maps seperti layaknya navigasi menggunakan GPS dan foto lampiran. Anda bisa juga mendapatkan update terbaru seketika.


Google Glass

2. Form 1
Sesuai dengan kegunaannya, printer 3D merupakan teknologi yang dapat membuat disain digital menjadi produk nyata. Tidak ada yang baru dalam hal industri mekanikal, namun printer 3D untuk personal merupakan sebuah ide revolusioner. Bayangkan bila setiap orang dapat membuat sendiri sebuah produk tanpa perlu perusahaan besar untuk mewujudkannya. Bahkan Aston Martin punya James Bond yang ditabrakkan merupakan produk printer 3D.


Form 1

3. Oculus Rift
Memainkan game ‘Virtual Reality’ disini diwakili oleh Oculus Rift. Sejarah headset 3D akan membawa Anda seolah-olah berada didalam game sebenarnya. Dunia virtual yang dibuat Rift dapat membuat kepala Anda berputar melihat dunia dalam tampilan ‘high resolution’. Ada banyak produk premium dipasar yang seperti ini, namun Rift hanya dibanderol $300 dan paketnya dibuat seperti development kit.


Oculus Rift

4. Leap Motion
Desktop multi sentuh dapat disebut produk gagal karena tangan kita akan pegal saat menggunakannya namun Leap Motion melangkah lebih jauh. Anda dapat mengkontrol layar hanya dengan gerakan jari tanpa menyentuh layar. Berbeda dengan ‘motion sensor’, ‘Leap Motion’ memungkinkan Anda untuk menggeser halaman web, memperbesar dan memperkecil sebuah peta atau photo, menandatangani dokumen bahwa bermain game hanya dengan gerakan tangan dan jari.

 
Leap Motion


Penulis: Aldrin Symu


Category Article

Related Post