Geeksphone Keon dan Peak, Ponsel Firefox OS Pertama



Ponsel Firefox OS akhirnya mulai dijual seperti yang dijanjikan. Geeksphone, Pembuat ponsel asal negara Spanyol, rilis dua nama ponsel pintar terbarunya yakni Keon dan Peak.




Dibanderol dengan harga relatif murah, Geeksphone tipe Keon harganya hanya 143 USD (sekitar 1,4 jutaan) sementara tipe Peak senilai 234 USD (sekitar 2,2 jutaan). Mereka menyasar target pasar kepada para pengembang smartphone, agar bisa mencoba langsung perangkat ber-OS Firefox besutan mereka itu untuk diaplikasikan sesuai keinginan para pengembang tersebut.

Keon memiliki kemampuan prosesor Qualcomm Cortex A5 1 GHz, layar sentuh 3,4 inci, koneksi jaringan 3G / UMTS / HSPA, radio, kamera 3 MP, GPS, sensor jarak, accelerometer, kapasitas simpan data internal 512MB, slot data eksternal 4GB, RAM 512 MB , dan baterai 1580 mAh.

Untuk model Peak akan dilengkapi dengan layar display qHD 4,3 inci, prosesor dual-core 1,2GHz, 512 RAM, kamera 8MP serta baterai 1800mAh. Untuk model Keon, spesifikasinya meliputi layar display HVGA 3,5 inci, prosesor single-core 1GHz, 512MB RAM, kamera 3MP serta baterai 1580mAh.

Sayangnya saat ini untuk Peak sepertinya stok sudah kosong sehingga hanya tersedia Keon untuk dipesan. Jika Anda adalah seorang developer dan berminat untuk mengembangkan aplikasi Firefox OS, Anda juga bisa menggunakan Sony Experia E sebagai alternatif untuk Keon. Sony telah merilis sebuah ROM khusus untuk bisa menjalankan Firefox OS bagi ponsel Android entry-level yang spesifikasinya sesuai dengan model Keon.








Smartphone Firefox OS Meluncur Juni Mendatang

Mozilla dikabarkan berencana untuk meluncurkan gadget berbasis Firefox OS pada bulan Juni mendatang. Hal tersebut dinyatakan Gary Kovacs, CEO Mozilla, dalam acara konferensi Dive Into Mobile yang digelar AllThingsD.

Lebih lanjut, Kovacs mengungkapkan bahwa handphone Firefox OS tersebut hanya akan didatangkan pada beberapa kawasan tertentu. Negara-negara yang bakal disambangi pertama kali oleh handphone Firefox OS tersebut adalah Brazil, Kolombia, Hungaria, Meksiko, Montenegro, Polandia, Serbia, Spanyol dan Venezuela.

Mozilla juga berencana menyediakan handset Firefox OS di Amerika Serikat pada tahun 2014. Menurut Kovacs, pihaknya tidak menargetkan pasar besar terlebih dahulu karena Firefox OS saat ini masih difokuskan pada perangkat kelas dasar yang dipercaya tidak akan berhasil bagus dijajakan di pasar yang menyukai perangkat kelas tinggi.

Selain handphone Firefox OS, handphone Android juga bakal disaingi oleh beberapa platform lain. Sistem operasi lain yang siap muncul tersebut antara lain adalah handphone Ubuntu dan Tizen.

Ligaponsel


Category Article

Related Post