Situs Gunung Padang Ramai Dikunjungi Lagi



Situs Gunung Padang Ramai Dikunjungi Lagi

TEMPO.CO, Cianjur - Situs Megalitikum Gunung Padang di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, yang akhir-akhir ini sepi pengunjung, mulai ramai kembali. Sebelumnya, hampir selama tiga bulan nyaris tidak ada pengunjung yang datang ke Gunung Padang.

Koordinator Juru Pelihara Situs Gunung Padang Nanang mengatakan, memasuki awal bulan April 2013, tempat ini kembali ramai pengunjung. Terutama pada saat akhir pekan atau hari libur. "Sekarang sudah mulai ramai lagi. Sudah terhitung ratusan pengunjung setiap pekan pada hari Sabtu dan Ahad," ujar Nanang di Cianjur, Rabu, 24 April 2013.

Pekan ketiga April, kata dia, ada sekitar 400 pengunjung yang berwisata ke Gunung Padang. Kebetulan sepekan terakhir bertepatan dengan kegiatan refleksi peringatan Hari Bumi. "Namun, jumlah pengunjung masih belum sepadat dulu yang mencapai ribuan pada saat dilakukan berbagai penelitian," ujar Nanang.

Menurut Nanang, Situs Gunung Padang mengalami sepi pengunjung beberapa waktu lalu akibat musim hujan dan faktor infrastruktur jalan yang rusak sehingga wisatawan enggan berlibur ke situs tersebut. "Mungkin karena jarak dan diperparah dengan jalan rusak, pengunjung jadi berkurang. Bahkan, hampir sama sekali tidak ada pengunjung waktu itu," ujarnya.

Sementara itu, Riska, 23 tahun, salah seorang pengunjung asal Sukabumi mengaku senang dan bangga bisa datang ke tempat bersejarah seperti Gunung Padang ini. Namun, menurut dia, patut disayangkan jalur lintas menuju situs ini rusak parah.

"Bukan batu-batu zaman dulu saja yang terdapat di sini, tapi pemandangannya bener-bener indah. Tapi, enggak seindah jalan menuju Gunung Padang," ujar dia.

DEDEN ABDUL AZIZ


Category Article

Related Post