Tangan robot ini tertanam di tubuh seorang balita

Teknologi telah mengubah jalan hidup seorang bocah berusia 5 tahun. Berkat bantuan jari robotik, anak ini bisa memiliki anggota tubuh layaknya manusia normal.




Seperti yang dilansir oleh ABC News (8/2), anak yang lahir di Afrika Selatan ini memang berbeda dengan anak-anak lain pada umumnya. Liam, namanya, terlahir dengan tangan kanan tanpa jari sehingga kegiatannya sepenuhnya bergantung pada tangan kiri saja.

Untungnya seorang penemu bernama Ivan Owen mengetahui hal tersebut. Tergeraklah keinginan Ivan untuk membantu Liam yang kemudian terwujud dengan terciptanya tangan robotik ini.

Ivan tidak sendirian dalam menciptakan tangan robotik ini, bersama dengan Rich Van As dan ibu Liam yang berada di Afrika Selatan, mereka berkolaborasi dalam menciptakan tangan robotik ini.

Satu hal yang sangat membantu Ivan dalam proyek ini adalah kehadiran Rich Van As yang juga telah kehilangan 4 jarinya karena kecelakaan. Jadinya Ivan tidak perlu kebingungan juga untuk menentukan seperti apa alat yang pas bagi Liam.

Ivan sendiri bersyukur akhirnya ciptaannya tersebut bisa termanfaatkan. "Aku tidak pernah berpikir apakah yang kulakukan akan bisa digunakan," katan Ivan Owen kepada ABC News.

Saat ini pun Liam bisa sedikit berbahagia berkat tangan robot buatan Ivan. Saat ini, kedua tangannya pun bisa digunakan untuk berbagai kegiatan seperti bermain dan membantu ibunya berbelanja.

Sumber: Tangan Kanan Balita Ini Menggunakan Robot


Category Article

Related Post