Recehan.com, Tempat Untuk Menawarkan Pekerjaan Bagi Freelancer

Bagi freelancer mencari order atau pekerjaan bisa dilakukan dengan berbagai cara, lewat kenalan, mengiklankan diri di sosial media atau menggunakan situs khusus untuk mendapatkan pekerjaan lepas.

Ada banyak situs yang menawarkan berbagai macam pekerjaan lepas yang bisa dipilih oleh para freelancer, seperti misalnya Elance.com, Freelancerswitch.com, Freelancer.com dan masih banyak situs lain yang sejenis, namun bagi mereka yang ingin mencoba atau mencari order atas keahlian yang mereka miliki, terkadang situs seperti ini kurang sederhana dan kurang lokal,.

Recehan.com bisa menjadi pilihan bagi mereka yang ingin mendapatkan atau menawarkan pekerjaan lepas yang ‘ringan’ dan bisa dikerjakan secara singkat, selain itu situs ini juga merupakan produk lokal. Situs yang masih dalam taraf alpha ini, sampai sekarang menjadi tempat bagi mereka yang ingin menawarkan sebuah pekerjaan lepas dengan bayaran tidak lebih dari Rp 50.000.





Proses yang harus dijalani juga cukup sederhana, Anda cukup mendaftarkan menjadi anggota di situs tersebut, ada dua pilihan layanan yang bisa digunakan, sebagai penjual atau sebagai pembeli. Untuk penjual berarti mereka yang menawarkan pekerjaan, cara menggunakannya, buat sebuah gig/jasa/tawaran, lalu post ke Recehan, nantinya Anda akan diberitahu ketika gig Anda dipesan. Ketika Anda selesai mengerjakan gig maka Anda akan mendapatkan bayaran dengan menggunakan mekanisme transfer bank.

Untuk pembeli, yang berarti pengguna yang akan membayar jasa kerja, setelah menemukan gig yang dipilih, Anda melakukan transfer ke Recehan, lalu melihat kemajuan pekerjaan, setelah menerima hasil pekerjaan, Anda bisa meminta perbaikan atas pekerjaan yang diberikan.

Mas Sugiarto sebagai founder yang juga mengembangkan aplikasi ini menjelaskan bahwa Recehan memang dibuat untuk lokal atau Indonesia saja dan bertujuan untuk menjadi solusi bagi freelancer dibidang apapun dengan biaya yang relatif kecil.

Harus saya akui memang layanan Recehan ini mirip dengan berbagai layanan lain, seperti misalnya 99designs.com atau sangat mirip dengan Fiverr.com, terlalu mirip malah kalau boleh saya bilang, perbedaan utama terlihat dari cara pembayaran yang menggunakan transfer bank. Untuk fitur dan yang lainnya, harus saya katakan mirip.



Untuk saat ini Recehan mendapatkan pemasukan dengan melakukan pemotongan biaya dari tarif yang ada, sebesar Rp 10.000 ditambah dengan biaya transfer antar bank, namun kedepannya Recehan mungkin melakukan perubahan dari tarif yang hanya sebesar Rp 50.000 menjadi Rp50.000 – Rp500.000.

Tampilan desain situs Recehan cukup sederhana, fokus pada timeline gig. Saat ini setidaknya ada 8 kategori pekerjaan yang bisa dipilih oleh para freelancer, termasuk pekerjaan penulisan, grafis, pemrograman, video/fotografi, dll. Beberapa rencana kedepan yang akan dilakukan Recehan, seperti yang dijelaskan Sugiarto antara lain penambahan fitur featured member, kemungkinan harga yang tidak tetap Rp. 50.000 tetapi kelipatannya dengan batas tertentu, penerimaan saran dari pengguna, penonaktifan pengguna dari halaman admin, serta kemungkinan bagi pembeli untuk bisa juga menawarkan jasa, selain dari fitur usulan yang ada dihalaman awal situs Recehan.

Pada awalnya, saya tersenyum sendiri melihat tawaran pekerjaan yang ada di Recehan, orang ‘rela’ melakukan pekerjaan dengan bayaran Rp 50.000, yang meskipun tergantung pekerjaannya, mungkin terkesan terlalu murah, tetapi jika ada perubahan range harga yang sedikit lebih fleksibel ini bisa berubah. Belum lagi ada beberapa pekerjaan yang ‘terkesan’ kurang serius, tapi ini mungkin bisa berubah juga seiring semakin banyak pengguna yang benar-benar ‘serius’ untuk gabung dan menawarkan pekerjaan mereka.

Selain itu saya pikir masih banyak perbaikan yang perlu dilakukan Recehan, selain kalau bisa tidak terlalu meniru layanan sejenis, tetapi menggabungkannya dengan karakter pengguna lokal, selain yang sudah mereka lakukan yaitu penggunaan sistem pembayaran dengan transfer bank, serta beberapa hal seperti lain seperti profil pengguna yang terlalu sedikit, mungkin bisa ditambahkan juga tautan jika pengguna punya situs pribadi, atau akun jejaring sosial.Tetapi, disisi lain, produk lokal seperti ini mempunyai peluang untuk dikembangkan secara lebih baik lagi, dan itu yang saya harapkan akan terdapat pada rilis beta atau mungkin rilis resmi dari Recehan.com. Itu pendapat saya, bagaimana dengan pendapat Anda tentang Recehan.com? Anda punya komentar, saran atau kritik? Anda bisa menuliskan pendapat Anda pada kolom komentar.

http://dailysocial.net


Category Article

Related Post