desain kendaraan bermotor berserta fungsinya

terkadang kita tidak memikirkan hal-hal kecil yang justru sangat di perhatikan oleh para produsen kendaraan bermotor. mau tau apa saja? yuk kita tambah ilmu (^^,)




Kaca Spion selalu cembung
penggunaan kaca cembung agar bidang pandang lebih luas dan lebar, karena bayangan benda akan diperkecil





Knalpot selalu menghadap belakang
knalpot menghadap belakang agar tidak mengganggu pengendara di belakang, apabila knalpot kearah atas, maka akan mengenai kaca mobil atau wajah pengendara dibelakang, dan apabila menghadap bawah, maka knalpot akan meniup debu dijalan hingga menjadi ngebul.




Kaca mobil tidak seperti kaca biasa
kaca mobil dibuat dengan tipe tempered, agar lebih aman dan cendrung tidak melukai ketika pecah. jika anda perhatikan kaca pecahan mobil akan terlihat bulet2. tidak tajam seperti kaca biasa. selain itu kaca mobil di desain agar tidak mudah hancur terhadap benturan.



Ban selalu berwarna hitam.
karet pada ban mobil dicampur dengan black carbon yang berwana hitam. agar ban lebih kuat dan tahan gesekan terhadap aspal. bisa saja ban mobil atau motor dibuat dengan warna lain, tetapi daya tahannya tidak akan sekuat ban berwarna hitam.



knalpot motor selalu ada di kanan
ini dikarenakan mayoritas orang menunggangi sepeda motor dari sebelah kiri. dan selalu menurunkan kaki kirinya ketika berhenti. jelas agar kaki pengendara tidak menyentuh knalpot yang panas. faktor lain adalah sistem lalulintas jalan negara tersebut. karena di indonesia menggunakan "drive on the left"



starter dan light switch di kanan, sign lamp switch dan klakson dikiri.
starter dan light switch sangat jarang sekali digunakan ketika berkendara. oleh karena itu mereka diletakan di kanan bersamaan dengan gas agar tangan lebih fokus terhadap gas. sedangkan lampu sign dan klakson di peruntukan oleh tangan kiri yang tidak memegang gas.



Desain Mesin motor dibuat selalu berbilik-bilik
kap luar ruang pembakaran pada sepeda motor dibuat berbilik2 agar luas bidang permukaan lebih banyak, dimana bidang tersebut digunakan untuk penghantar panas, dan penangkap udara sebagai pendingin ketika motor melaju.



tutup lampu sign dan brake lamp dibuat kristal.
kristal, atau corak-corak pada tutup lampu dibuat agar cahaya lampu berpendar sesaat. sehingga lampu tidak terasa berkedip terlalu cepat, kristal ini juga berguna agar lampu tidak menyilaukan mata pengendara lain. dan apabila lampu mati, tutup ini akan memantulkan cahaya apabila disorot dengan cahaya lain.



rumah lampu selalu dibuat reflected / chrome.
rumah lampu dibuat reflected agar seluruh cahaya menuju kesatu arah (kayak senter)



Lampu rem selalu berwarna merah, sign kuning dan lampu terang putih
Lampu rem dipilih berwarna merah karena secara fisika, gelombang warna merah adalah yang terpanjang diantara spektrum warna. Dengan demikian, di tengah pekat kabut malam atau di teriknya siang, warna merah ini akan tetap terlihat. Warna merah ini akan langsung menjadi pusat perhatian dari otak karena cepat tertangkap indera mata. Selain itu, semua anak-anak di seluruh negara, sejak lahir, sudah dipahamkan bahwa warna merah dalam konteks lalu lintas artinya adalah 'berhenti'. Penanaman pemahaman ini sudah menjadi belief system universal. Otomatis, dimanapun berkendara, ketika melihat lampu rem yang berwarna merah itu menyala, maka otak memerintahkan kaki untuk menginjak rem dan melepaskan gas untuk melakukan deselerasi. sedangkan warna kuning pada lampu sign menandakan pengendara lain untuk berhati-hati. dan warna putih pada lampu terang agar cahaya lampu bekerja lebih maksimal

setelah membaca thread ini diharapkan :
1. kita lebih memperhatikan hal2 diatas sebelum memodifikasi sebuah kendaraan.
2. lebih menghargai suatu produk kendaraan bermotor.
3. lebih berhati-hati dalam berkendara.
4. menjadi orang yang senang memikirkan sesuatu yang dianggap orang tidak penting
5. reply atau rating thread ini.

sumber google & wikipedia


Category Article

Related Post