Mengetik 34% Lebih Cepat dari Keyboard Biasa dengan KALQ Keyboard


Bagaimana cara Anda mengetik keyboard QWERTY pada layar touchscreen? Untuk para pengguna tablet atau smartphone layar sentuh, umumnya akan mengetik dengan menggunakan dua ibu jarinya. Namun tidak semua pengguna perangkat gadget berlayar sentuh ini terbiasa untuk mengetik dengan cepat menggunakan layar sentuh tersebut. Untuk mempercepat proses pengetikan, sebuah tim peneliti dari Max Planck Institute of Informatics membuat sebuah layout keyboard yang akan mempermudah pengguna keyboard layar sentuh.





Layout keyboard yang bernama KALQ ini tidak akan memiliki keyboard QWERTY pada umumnya, tetapi membaginya menjadi dua bagian—16 tombol di sebelah kiri layar dan 12 tombol di sebelah kanan layar. Susunan yang dimiliki oleh keyboard KALQ ini juga tidaknya teratur seperti yang biasa Anda lihat pada keyboard QWERTY, melainkan memiliki susunan huruf tersendiri yang akan mempercepat proses pengetikan dengan dua ibu jari penggunanya.

Desain keyboard ini merupakan hasil prediksi dari para pengguna keyboard QWERTY biasa untuk melihat seperti apa pola mengetik mereka. Dari sini diambil sebuah desain keyboard yang memudahkan para pengguna keyboard untuk layar sentuh supaya mereka tetap bisa mengetik dengan dua ibu jari secara bersamaan tanpa perlu ibu jari tersebut bergerak terlalu jauh untuk dapat menekan satu tombol huruf.

Berdasarkan dari uji coba keyboard KALQ ini, para penggunanya dapat mengetik 34% lebih cepat dibandingkan keyboard QWERTY biasa dan memungkinkan mereka untuk mengetik 37 kata dalam waktu 1 menit saja. Tim pembuat keyboard KALQ ini akan mempresentasikan hasil karya mereka pada Human Factors in Computing Systems Conference 2013 di Paris dan berencana juga untuk merilis aplikasinya untuk Android mulai bulan Mei ini.


By Friska Suryawinata


Category Article

Related Post