Semangat Kartini Dalam Karya 6 Designer Jogja



Dalam raya memperingati Hari Kartini, sejumlah perancang busana di Jogja belum lama ini menyelenggarakan pagelaran busana dari bahan sederhana. Pagelaran ini menarik perhatian masyarakat karena dinilai sangat menginspirasi kaum wanita dalam berbusana.

Pagelaran busana yang bertajuk ” Spirit of Woman Hi Tea Fashion Show ” tersebut diselenggarakan di Phoenix Accor Hotel dan menampilkan perancang busana ternama di Jogja diantaranya adalah Lia Mustafa,Dewi Syifa, Alma Riva,Philip Iswardono,Isyanto dan Ratri Kristiani . Karena pagelaran busana ini merujuk pada sosok kartini, maka sebagian besar perancang menampilkan rancangan busana kebaya, yang menjadi identitas khas busana kartini. Namun, rancangan kebaya itu disesuaikan dengan kondisi kekinian. Seperti rancangan yang ditampilkan oleh Lia Mustafa, perancang ini mengambil bahan sarung, untuk dipakai sebagai bahan kebaya. Rancangan ini sekaligus menginspirasi fashionista bahwa sarung ternyata juga dapat tampil anggun dalam bentuk kebaya.

Sementara itu, Dewi Syifa menampilkan karya yang diberi nama Pleasantly Charming. Dalam karyanya ini, Dewi mencoba memainkan batik dan renda lace serta tenun. Rancangan ini terlihat sangat menarik dan indah dengan cutting yang sangat sederhana. Karya Dewi ini diinspiras oleh salah satu sifat Kartini sebagai wanita yang tenang dan anggun. Karena itu, ketenangan dan keanggunan yang tercermin dalam karya ini diharapkan dapat menonjolkan sisi kecantikkan pemakainya.

sulist - Ibukitakartini.com


Category Article

Related Post